Western Union Indonesia

TEMUKAN LOKASI

Ada lokasi di sekitar anda!

Temukan lokasi agen Western Union® yang berada di dekat anda di Indonesia.

LEBIH LANJUT TENTANG SITUS WESTERN UNION!

Kirim uang secara online apabila anda tinggal di salah satu negara berikut
following countries:
Situs Western Union lainnya:

Ada Pertanyaan? Silakan Hubungi Kami!

(021) 3040-5730
(hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia)

F.A.Q.

PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN

Anda dapat melihat jawaban untuk beberapa pertanyaan dibawah ini. Namun apabila anda masih membutuhkan informasi lain, jangan ragu untuk menghubungi Pusat Layanan Pelanggan kami di (021) 3040-5730 (hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia).

Anda membutuhkan informasi tentang:


PENGIRIMAN UANG

Pertanyaan-pertanyaan Umum

  1. Agen Western Union adalah perwakilan kami yang dapat anda kunjungi untuk melakukan transaksi pengiriman uang.

    Di Indonesia, layanan Western Union tersedia di Agen-agen Western Union berikut: Pos Indonesia, Pegadaian, Indomaret, Bank BII, Bank Danamon, JNE, Bank Suadara, Bank Jabar Banten, Bank BRI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Bumiputera, Bank Nagari, Bank Rabobank, Uang Kita, Bank Jatim, Bank Sumsel Babel, Bank Kalbar, Bank Jateng, Bank CIMB Niaga Mikro Laju, Bank Mestika, Andalusia Antar Benua, Bank DKI. Di Negara lain, layanan ini mungkin berada di Supermarket, toko-toko sembako, pusat pengiriman surat, apotek, agen perjalanan, depot-depot, bandara, stasiun bis, dan kereta api, kantor penukaran mata uang, atau layanan ritel lainnya.

  2. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi agen Western Union di Indonesia secara online, atau hubungi Pusat Layanan Pelanggan kami di (021) 3040-5730 (hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia).

  3. Anda, atau siapapun yang memerlukan kebutuhan mengirim atau menerima uang dengan cepat, nyaman, dan terpercaya. Misalnya:

    • Mereka yang secara rutin mengirimkan uang kepada keluarga atau teman.
    • Wisatawan yang ada di kondisi darurat.
    • Pengusaha1.
    • Seseorang yang mengirimkan uang sebagai hadiah.

    1 Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di negara yang menerima layanan kiriman uang, yang mungkin akan tergantung kepada layanan pengiriman personal saja. Silakan mengunjungi lokasi agen Western Union untuk keterangan lebih lanjut.

  4. Anda tidak memerlukan rekening bank untuk menggunakan layanan Pengiriman Uang Western Union.

Mengirimkan Uang

    • Kunjungi lokasi agen yang paling dekat dengan anda.
    • Lengkapi formulir 'Pengiriman Uang' dan tunjukkan kartu identitas beserta foto anda yang asli dan masih berlaku.
    • Berikan jumlah uang yang akan anda kirim dan biaya kirim yang sesuai kepada Agen2.
    • Agen akan memberikan tanda bukti transaksi kepada anda beserta dengan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
    • Bubuhkan tanda tangan anda pada tanda bukti transaksi. Transaksi sudah selesai.
    • Hubungi penerima uang anda dan beritahu informasi-informasi yang diperlukan kepada nya, seperti nama pengirim sesuai dengan yang tertulis di formulir 'Pengiriman Uang', jumlah uang yang dikirim, MTCN, dan negara asal pengiriman uang. Jangan memberikan informasi apapun mengenai detil transaksi kepada siapapun selain penerima yang sudah anda tunjuk.

    Lebih lanjut mengenai mengirimkan uang

  1. Bawa kartu identitas beserta foto asli anda yang masih berlaku dan uang untuk kiriman anda dan biaya kirim nya1.

  2. Di Indonesia, jumlah maksimum yang dapat dikirim tau diterima adalah USD 7.500 atau setara dengan kurs rupiah yang berlaku, per sekali transaksi per orang per hari. Di beberapa negara, anda dapat mengirimkan uang sebanyak yang anda inginkan. Namun, mungkin ada ketentuan pada jumlah yang dapat diterima oleh penerima di beberapa negara. Juga, untuk beberapa jumlah di beberapa negara, anda mungkin ditanyakan atau diminta untuk melengkapi informasi-informasi tambahan atau dokumentasi-dokumentasi. Jadi, kami menyarankan anda untuk memeriksa ke lokasi agen Western Union di negara anda untuk keterangan yang lebih lanjut.

  3. Kapanpun, selama jam kerja dari lokasi agen Western Union. Di Indonesia, jam operasional yang normal adalah jam 8 pagi sampai 4 sore.

  4. Pos Indonesia, Pegadaian, Indomaret, dan JNE beroperasi pada akhir pekan:

    Untuk Indomaret:

    • Senin sampai Minggu: 07:00 pagi - 10:00 malam (beberapa Indomaret beroperasi 24 jam per hari, 7 hari dalam seminggu)

    Untuk Pos Indonesia dan Pegadaian:

    • Senin sampai Jumat: 07:30 pagi - 02:30 sore
    • Sabtu: 07:30 pagi - 12:30 siang

    untuk JNE:

    • Senin sampai minggu: 08:00 pagi - 08:00 malam (beberapa JNE beroperasi 24 jam perhari, 7 hari dalam seminggu)

    Temukan lokasi Agen Western Union di Indonesia yang paling dekat dengan anda disini.

  5. Cukup dengan pergi ke tautan "link" di halaman utama pada website ini. Kemudian ketikkan nama pengirim seperti yang tertera pada formulir 'Pengiriman Uang', dan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN). Kami akan memperbaharui status terbaru pengiriman uang anda.

    Periksa status pengiriman uang anda sekarang.

    Atau hubungi Pusat Layanan Pelanggan kami di (021) 3040-5730 (hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia).

  6. Tidak. Western Union tidak menawarkan escrow atau perlindungan pembeli. Untuk membantu melindungi diri dari penipuan, jangan pernah mengirimkan uang kepada seseorang yang anda tidak tahu. Jika Anda mencurigai diri Anda mungkin telah menjadi korban penipuan menggunakan Western Union, hubungi kami segera.

    Lebih lanjut tentang perlindungan atas penipuan.

Penerimaan Uang

    • Kunjungi lokasi Agen Western Union yang paling dekat dengan anda.
    • Lengkapi formulir 'Penerimaan Uang' dan berikan kepada agen beserta dengan kartu identifikasi dan foto asli anda yang masih berlaku dan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
    • Anda akan diberikan tanda bukti transaksi. Periksa kembali bukti transaksi tersebut dan tanda tangani bukti transaksi anda apabila semua detil informasi nya akurat.
    • Agen akan memberikan tanda bukti transaksi kepada anda beserta dengan uang anda.

    Lebih lanjut mengenai penerimaan uang

  1. Mohon untuk melengkapi hal-hal berikut ini:

    • Nama lengkap pengirim (nama depan, tengah, dan belakang)
    • Negara asal pengiriman uang.
    • Jumlah uang yang dikirim.
    • Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
    • Kartu identitas beserta foto asli anda yang masih berlaku.

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi lokasi Agen Western Union yang paling dekat dengan anda.

  2. Cukup dengan pergi ke tautan "link" pada halaman utama di website ini. Kemudian ketikkan nama pengirim anda seperti yang tertera pada formulir 'Pengiriman Uang' dan Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN). Kami akan memperbaharui anda dengan status terbaru dari pengiriman uang anda.

    Periksa status pengiriman uang anda sekarang.

    Atau hubungi Pusat Layanan Pelanggan kami di (021) 3040-5730 (hanya berlaku untuk telepon dari Indonesia).

  3. Umumnya pengiriman uang dibayarkan dengan tunai. Namun, di beberapa negara asing, dalam kasus tertentu, beberapa pilihan pembayaran uang tersedia, termasuk slip cek pengiriman uang, kartu pembayaran-uang, kredit ke bank atau akun telepon seluler (dompet) atau kartu pra-bayar.


PERLINDUNGAN TERHADAP PENIPUAN

Kami menghargai bisnis Anda. Dan kami bangga dapat memberikan dana anda dalam cara yang tercepat dan yang paling dapat diandalkan. Namun, penting bagi anda untuk melindungi diri dari penipu yang ada di sekitar anda untuk mendapatkan uang anda.

Selalu pastikan bahwa anda mengetahui kepada siapa anda akan mengirimkan uang. Apabila anda membeli barang-barang atau layanan menggunakan Western Union, menjadi tanggung jawab anda untuk memverifikasi kelegalan dari si penjual. Kami tidak bertanggung jawab atas kualitas atau tidak adanya bukti transaksi dari barang atau layanan apapun.

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang penipuan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi bagian Anti-Penipuan di website ini.

  1. Ya. Beberapa skenario tersebut adalah:

    • Anda diharuskan untk membayarkan biaya sebelum menerima pinjaman uang.
    • Undian, hadiah, atau lotere dari perwakilan perusahaan yang mengatakan kepada anda untuk mengirimkan uang kepada mereka dalam rangka untuk mengklaim hadiah yang anda menangkan (ada banyak perusahaan menjalankan kontes penipuan. Mereka mengharuskan anda untuk mengirimkan mereka uang tetapi memberikan apa-apa sebagai imbalan).
    • Surat yang tidak diminta atau e-mail dari Nigeria atau pejabat pemerintah asing lainnya yang meminta bantuan untuk mengirimkan dana dari negara asing ke bank anda.
    • Telepon dari polisi yang memberitahu bahwa salah satu orang yang anda kenal mengalami kecelakaan atau ditangkap dan sejumlah uang diperlukan.
    • Surat yang tidak diminta atau email yang menawarkan biaya yang tidak realistis untuk barang-barang yang mahal dan sulit ditemukan.
  2. Apabila anda menerima email dari seseorang yang mengaku dari Western Union dan anda tidak yakin akan hal itu, jangan meng-klik link apapun yang ada dalam email tersebut. Hal ini mungkin merupakan percobaan untuk mendapatkan informasi-informasi yang sifatnya privasi dari anda. Untuk itu, lebih baik anda meneruskan email dan kirim ke CustomerService.Asia@westernunion.com.

    Western Union tidak akan pernah mengirimkan email kepada anda untuk menanyakan user ID, password, atau informasi lain mengenai kartu kredit anda.

  3. Tidak. Bisnis kami adalah untuk mengirimkan dana dari pengirim ke penerima. Ketika anda menggunakan layanan kami, kami mengingatkan anda untuk tidak mengirimkan uang kepada orang asing. Menjadi tanggung jawab pengirim untuk mengetahui pihak mana yang akan dikirimi uang. Menggunakan nama (atau nama sendiri) fiktif atau mengubah nama penerima setelah kiriman uang telah dikirim tidak berarti anda mendapatkan jaminan pengamanan dana. Apabila penerima memberikan identifikasi yang tepat dengan nama yang sama seperti pada kiriman uang yang seharusnya, maka pembayaran akan dilakukan.

    Harap memperhatikan layanan pengambilan uang oleh pihak ketiga kecuali jika mereka memiliki reputasi yang baik, memiliki ijin layanan perlindungan tersebut, dan bukan merupakan anak perusahaan dari layanan perlindungan lainnya.

  4. Untuk lelang online, anda harus memeriksa umpan balik tentang pihak penjual dengan hati-hati dan mengetahui tanda-tanda peringatan yang terkait dengan penipuan dalam penjualan lelang. Situs lelang paling online memiliki pedoman keselamatan atau FAQ yang dapat membantu anda mengidentifikasi apakah tersebut berpotensi pada penipuan. Berhati-hatilah jika penjual menggunakan layanan email gratis atau bersikeras hanya menerima satu bentuk pembayaran. Laporkan setiap aktivitas yang mencurigakan dan file non-pengiriman barang dengan keluhan situs lelang di mana anda membeli barang.

    Perlu diingat bahwa Western Union tidak menawarkan layanan escrow atau jenis 'perlindungan pembeli' apapun. Menjadi tanggung jawab anda untuk melakukan verifikasi atas keresmian dari pihak penjual, dan Western Union tidak bertanggung jawan untuk kualitas atau tanpa-bukti dari layanan atau barang apapun.

  5. Hubungi Kantor pemerintah Urusan Konsumen dan polisi jika anda tidak yakin atau curiga terhadap ajakan melalui telepon, surat, atau e-mail.

    Apabila anda telah mejadi korban penipuan, hubungi polisi lokal anda segera.

    • Selalu pastikan bahwa anda mengetahui kepada siapa anda akan mengirimkan uang. Apabila anda membeli barang-barang atau layanan melalui Western Union, merupakan tanggung jawab anda untuk melakukan verifikasi dari keresmian pihak penjual. Kami tidak bertanggung jawab atas kualitas atau tanpa-bukti dari layanan dan barang anda.
    • Hentikan panggilan jika si penelepon meminta anda untuk memberikan respon terhadap beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Western Union.
    • Keamanan adalah tanggung jawab setiap orang. Tetap waspada. Selalu perbaharui pengetahuan anda tentang tren penipuan.

    Selalu ingat, apabila suatu tawaran tampak terlalu mustahil untuk menjadi nyata, maka kemungkinan hal itu memang tidak mungkin.